RPP EKONOMI SMA KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Cipari

Mata Pelajaran            : Ekonomi

Kelas / Semester            : XII (dua belas) / 1

Pertemuan ke               : 1-8

Waktu                          : 12 x 45 menit

  1. A. Standar Kompetensi

3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional

  1. B. Kompetensi Dasar

3.1 Menjelaskan unsur-unsur  manajemen

C. Indikator

  1. Mendiskripsikan pengertian manajemen
  2. Membedakan tingkat-tingkat manajemen
  3. Mendeskripsikan prinsip-prinsip

D.  Materi Pembelajaran

a)      pengertian manajemen

b)      pembagian manajemen

c)      prinsip-prinsip manajemen

E. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian manajemen
  1. Siswa dapat membedakan tingkat-tingkat manajemen
  2. Mendeskripsikan prinsip-prinsip

F. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

G. Langkah-langkah KePembelajaran

Pertemuan 1

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru mengadakan pre tes dimana siswa diminta menulis 10 kata kunci yang berkaitan dengan istilah manajemen.

b. Motivasi

Pemahaman mengenai pengertian manajemen dalam pengelolaan badan usaha  sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti

  1. Siswa dikelompokkan masing-masing kelompok beranggotakan empat-lima orang  (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  2. Tiap  kelompok  diberi tugas untuk mencari  pengertian manajemen menurut beberapa tokoh.
  3. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok   yang lain menanggapi.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang pengertian manajemen.

3. Kegiatan Akhir

Guru dan siswa melakukan refleksi

Pertemuan 2-4

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru menjelaskan secara singkat pembagian manajemen menurut tingkatan, system dan filsafat.

b. Motivasi

Pemahaman mengenai pembagian manajemen dalam pengelolaan badan usaha  sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti

  • Tiap siswa mengadakan kajian pustaka tentang pembagian manajemen. Lalu mempresentasikan didepan kelas.

3. Kegiatan Akhir

Guru membuat kesimpulan.

Pertemuan 4-8

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru menjelaskan secara singkat prinsip-prinsip manajemen.

b. Motivasi

Pemahaman mengenai prinsip manajemen dalam pengelolaan badan usaha  sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti

    1. Siswa dikelompokkan masing-masing kelompok beranggotakan empat-lima orang  (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  1. Tiap  kelompok  diberi tugas membahas salah satu prinsip mananemen menurut Henry Fayol
    1. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok   yang lain menanggapi.
    2. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang prinsip manajemen menurut Henry Fayol  .

3. Kegiatan Akhir

Guru dan siswa melakukan refleksi

H.. Sumber dan Alat

Buku teks Ekonomi Jilid  3 Penerbit Ganecca Bandung , Erlangga dan Tiga Serangkai LKS MGMP Ekonomi Kab. Cilacap, LCD , dan spidol

I. Penilaian

a. Teknik Tes : Tes tertulis, unjuk kerja

b. Penilaian Proses ( Pengamatan Kegiatan Diskusi)

No Aspek Penilaian Skore maksimal 9
1 Kesesuaian bahan diskusi dengan KD 2
2 Kemampuan menjawab pertanyaan anggota kelompok lain 2
3 Sikap penyaji selama berdiskusi 2
4 Laporan hasil diskusi 3

c. contoh instrument

1. Soal pilihan ganda

Manajemen adalah seni melaksanakan kegiatan melalui orang-orang penegertian tersebut dikemukakan oleh……..

a. G.R Terry    b. Mary P.Follet            c. Henry Fayol

d. J. Shumpeter            e. Hasibuan

2. Soal Essay

Jelaskan pengertian manajemen menurut G. Terry!

Kunci Jawabaan

No 1. b

No 2. Manajemen adalah usaha-usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih  dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.

d.   Pedoman  Penskoran : Pilihan ganda diberi skore 100

Essay diberikan skore dengan rentang 10-50

Cipari,     Juli 2009

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Cipari                            Guru Mata Pelajaran  Ekonomi

Sri Haryoto, S.Pd. UJANG UTOMO, S.Pd

NIP 19601007 198501 1 002                                     NIP. 19761024 200701 1 004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Cipari

Mata Pelajaran            : Ekonomi

Kelas / Semester            : XII (dua belas) / 1

Pertemuan ke               :1-6

Waktu                          : 9 x 45 menit

  1. A. Standar Kompetensi

3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional

  1. B. Kompetensi Dasar

3.1  Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha

  1. C. Indikator

1.Mendsikripsikan fungsi-fungsi manajemen.

2.Mendeskripsikan  bidang-bidang manajemen

  1. D. Materi Pembelajaran
  1. Fungsi-fungsi Manjemen

Fungsi manajemen menurut G. Terry meliputi Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC)

  1. Bidang-bidang Manjemen
  1. Manjemen produksi
  2. Manajemen pemasaran
  3. Manajemen keuangan
  4. Manajemen personalia
  5. Manajemen administrasi
  1. E. Tujuan Pembelajaran
    1. Mendsikripsikan fungsi-fungsi manajemen.
    2. Mendeskripsikan  bidang-bidang manajemen

  1. F. Metode Pembelajaran

Ceramah, Diskusi, tanya jawab

  1. G. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-3

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru menjelaskan secara tentang fungsi manajemen diantaranaya planning, organizing, actuating dan controlling.

b. Motivasi

Pemahaman mengenai fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha  sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti

  • Tiap siswa mengadakan kajian pustaka tentang fungsi manajemen. Lalu membuat perencanaan  hidup dan perencanaan kegiatan (kepanitiaan

3. Kegiatan Akhir

Guru membuat kesimpulan.

Pertemuan 5-6

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru menjelaskan secara singkat bidang manajemen

b. Motivasi

Pemahaman mengenai pembagian manajemen dalam pengelolaan badan usaha  sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti

  • Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok (anggota disesuaikan dengan jumlah siswadi kelas)
  • Tiap kelompok membahas bidang manajemen yang berbeda, diantaranya : manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen personalia, manajemen keuangan dan manajemen administrasi.
  • Tiap  kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kelompok lain menanggapi

3. Kegiatan Akhir

Guru membuat kesimpulan.

H.. Sumber dan Alat

Buku teks Ekonomi Jilid  3 Penerbit Ganecca Bandung , Erlangga dan Tiga Serangkai LKS MGMP Ekonomi Kab. Cilacap, LCD , dan spidol

I. Penilaian

a. Teknik Tes : Tes tertulis, unjuk kerja

b. Penilaian Proses ( Pengamatan Kegiatan Diskusi)

No Aspek Penilaian Skore maksimal 9
1 Kesesuaian bahan diskusi dengan KD 2
2 Kemampuan menjawab pertanyaan anggota kelompok lain 2
3 Sikap penyaji selama berdiskusi 2
4 Laporan hasil diskusi 3

c. contoh instrument

1. Soal pilihan ganda

1. Berikut ini menrupakan fungsi manajmen menurut G. Terry…..

a. Planning, organizing, actuating, controlling

b. planning, organizing, commanding, coordinating, controlling

c. planning, leading, reporting, actuating, controlling

d. forecasting, planning,organizing, actuating, controlling

e. planning, organizing, controlling

2. sebutkan fungsi manajmen menurut henry Fayol

d.   Pedoman  Penskoran : Pilihan ganda diberi skore 100

Essay diberikan skore dengan rentang 10-50

Cipari,      Juli 2009

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Cipari                            Guru Mata Pelajaran  Ekonomi

Sri Haryoto, S.Pd. UJANG UTOMO, S.Pd

NIP 19601007 198501 1 002                                     NIP. 19761024 200701 1 004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                        : SMA Negeri 1 Cipari

Mata Pelajaran            : Ekonomi

Kelas / Semester            : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian  nasional

Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia

Indikator :   Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan badan usaha yang terjadi di dalam       kegiatan perekonomian masyarakat.

Alokasi Waktu :  6  x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia

B. Materi Pokok

  • Peran badan usaha
  • Kelebihan dan kekurangan badan usaha

C. Uraian Materi

  • Peran badan usaha
  • Kelebihan dan kekurangan badan usaha
  • Usaha-usaha pemberdayaan BUMN

D. Pendekatan

Kontekstual

E. Metode Pembelajaran

Ceramah Bervariasi, Observasi  dan studi kepustakaan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai bprofil BUMN, BUMS dan koperasi. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.

b. Motivasi

Pemahaman mengenai peranan BUMN, BUMS, BUMD dan koperasi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sehingga  siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).

b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan peran badan usaha.

c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendiskripsikan kelebihan dan kelemahan badan usaha.

d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok   yang lain menanggapi.

e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir

Guru dan siswa melakukan refleksi

G. Penilaian

1. Penilaian Proses ( Pengamatan Kegiatan Diskusi)

No Aspek Penilaian Skore maksimal 9
1 Kesesuaian bahan diskusi dengan KD 2
2 Kemampuan menjawab pertanyaan anggota kelompok lain 2
3 Sikap penyaji selama berdiskusi 2
4 Laporan hasil diskusi 3

2. Penilaian Hasil

contoh soal

Jelaskan peran  BUMS dalam perekonomian Indonesia!

Jawaban :        1. membantu membuka kesempatan kerja

2. membantu meningkatkan pendapatan Negara

H. Kegiatan Non Tatap muka

a. Tugas Mandiri terstruktur (lembat tugas terlampir)

  • Siswa mengerjakan kegiatan di LKS
  • Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi secara kelompok disertai daftar pertanyaan dari anggota kelompok lain.

b. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur : tidak diberikan pada KD  ini

I. Sumber dan Alat

Buku teks,LKS, LCD , dan spidol

Cipari,     Juli 2009

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Cipari                          Guru Mata Pelajaran  Ekonomi

Sri Haryoto, S.Pd. UJANG UTOMO, S.Pd

NIP 19601007 198501 1 002                                     NIP. 19761024 200701 1 004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                        : SMA Negeri 1 Cipari

Mata Pelajaran            : Ekonomi

Kelas / Semester            : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian

nasional.

Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan peran badan usaha

Indikator :

  1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk  badan usaha
  2. Mengidentifikasi peran   badan usaha masing-masing dalam perekonomian Indonesia

Alokasi Waktu : 9 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

a)      Siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk badan usaha.

b)      Siswa dapat mengidentifikasi peran badan usaha masing-masing dalam perekonomian Indonesia

B. Materi Pokok

Peran Badan usaha dalam perekonomian Indonesia

C. Uraian Materi

a)      Pengertian badan usaha

b)      Jenis badan usaha

c)      Berbagai bentuk badan usaha

d)      Fungsi badan usaha

D. Pendekatan

Kontekstual

E. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang badan usaha. Kemudian guru memberi penjelasan secara singkat dan jelas tentang badan usaha dan perusahaan serta menguraikan tentang jenis dan bentuk badan usaha.

b. Motivasi

Siswa memahami peran badan usaha dalam perekonomian nasional.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).

b. Kelompok pertama diberi tugas untuk membedakan badan usaha dan perusahaan.

c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi jenis dan bentuk badan usaha.

d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan fungsi badan usaha.

e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok   yang lain menanggapi.

f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan siswa melakukan refleksi

b. Penilaian

1. Penilaian Proses ( Pengamatan Kegiatan Diskusi)

No Aspek Penilaian Skore maksimal 9
1 Kesesuaian bahan diskusi dengan KD 2
2 Kemampuan menjawab pertanyaan anggota kelompok lain 2
3 Sikap penyaji selama berdiskusi 2
4 Laporan hasil diskusi 3

2. Penilaian Hasil

contoh soal

1. Soal pilihan ganda

Kesatuan yuridis dan ekonomis yang bertujuan mencari laba disebut…..

a. badan usaha             b. perusahaan            c. pabrik  d. yayasan            e. koperasi

2. Soal Essay

Sebutkan jenis-jenis PT!

Kunci Jawabaan dan penskoran

No 1. a

No 2. PT Terbuka, PT tertutup, PT kosong, PT Negara.

Penskoran : Pilihan ganda diberi skore 1, Essay diberikan skore dengan rentang 1-5

G.Kegiatan Non Tatap Muka

a. Tugas Mandiri terstruktur (LKS terlampir)

  • Siswa mengerjakan kegiatan di LKS
  • Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi secara kelompok disertai daftar pertanyaan dari anggota kelompok lain.

b. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

Siswa membuat kliping profil BUMN dan BUMS

H. Sumber dan Alat

Buku teks, LKS  dan spidol

Cipari,     Juli 2009

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Cipari                            Guru Mata Pelajaran  Ekonomi

Sri Haryoto, S.Pd. UJANG UTOMO, S.Pd

NIP 19601007 198501 1 002                                     NIP. 19761024 200701 1 004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                        : SMA Negeri 1 Cipari

Mata Pelajaran            : Ekonomi

Kelas / Semester            : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan

Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi

sekolah

Indikator :

  1. Mendiskripsikan pentingnya koperasi sekolah.
  2. Memilih jenis barang yang diusahakan  koperasi sekolah.
  3. Mengelola koperasi sekolah.
  4. Peduli terhadap manfaat koperasi bagi kesejahteraan anggotanya.
  5. Menidentifikasi kekuatan dan kelemahan koperasi

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

a)      Siswa dapat menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.

b)      Siswa dapat menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.

c)      Siswa dapat menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.

B. Materi Pokok

Koperasi dan koperasi sekolah

C. Uraian Materi

a)      Pengertian serta landasan, asas, tujuan, fungsi, peran, dan prinsip koperasi

b)      Organisasi dan pengelolaan koperasi

c)      Kehidupan dan usaha pengembangan koperasi

d)      Koperasi sekolah

D. Pendekatan

Kontekstual

E. Metode Pembelajaran

Ceramah, Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang badan usaha. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang baru, yakni koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.

b. Motivasi

Siswa dapat memahami  tentang arti penting koperasi pada umumnya dan arti penting koperasi sekolah pada khususnya. Kemudian diharapkan dengan pemahaman tersebut, siswa termotivasi untuk aktif dalam kegiatan koperasi sekolah.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).

b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.

c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi

koperasi sekolah.

d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.

e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok  yang lain menanggapi.

f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan siswa melakukan refleksi

b. Penilaian

1. Penilaian Proses ( Pengamatan Kegiatan Diskusi)

No Aspek Penilaian Skore maksimal 9
1 Kesesuaian bahan diskusi dengan KD 2
2 Kemampuan menjawab pertanyaan anggota kelompok lain 2
3 Sikap penyaji selama berdiskusi 2
4 Laporan hasil diskusi 3

2. Penilaian Hasil

contoh soal

1. Soal pilihan ganda

Berikut ini yang merupakan prinsip koperasi adalah…..

a. setia kawan   b. kesadaran berpribadi            c. kegotongroyongan    d. balas jasa tidak terbatas        e.kemandirian

2. Soal Essay

Sebutkan peranan guru, komite sekolah dan kepala sekolah dalam penyelenggaraan koperasi sekolah!

Kunci Jawabaan dan penskoran

No 1. e

No 2. sebagai peserta rapat sekaligus pendiri koperasi sekolah, dalam alat kelengkapan koperasi kepala sekolah sebagai pelindung , guru sebagai penasehat dan Pembina sedangka komite sebagai penasehat.

Penskoran : Pilihan ganda diberi skore 1, Essay diberikan skore dengan rentang 1-5

G.Kegiatan Non Tatap Muka

a. Tugas Mandiri terstruktur

  • Siswa mengerjakan kegiatan di LKS
  • Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi secara kelompok disertai daftar pertanyaan dari anggota kelompok lain.

b. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

  • Siswa membuat makalah koperasi di  Indonesia

.

G. Sumber dan Alat

Buku teks penerbit Ganecca Bandung , LKS dan spidol

Cipari,       Juli 2009

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Cipari                          Guru Mata Pelajaran  Ekonomi

Sri Haryoto, S.Pd. UJANG UTOMO, S.Pd

NIP 19601007 198501 1 002                                     NIP. 19761024 200701 1 004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                        : SMA Negeri 1 Cipari

Mata Pelajaran            : Ekonomi

Kelas / Semester            : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan

Kompetensi Dasar : 4.2 Menghitung pembagian sisa hasil usaha

Indikator : Menghitung pembagian sisa hasil usaha

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menghitung pembagian sisa hasil usaha

B. Materi Pokok

Sisa hasil usaha

C. Uraian Materi

a)      Pengertian sisa hasil usaha

b)      Informasi dasar penghitungan sisa hasil usaha

c)      Rumus pembagian sisa hasil usaha

d)      Prinsip-prinsip pembagian sisa hasil usaha

e)      Pembagian sisa hasil usaha per anggota

D. Pendekatan

Kontekstual

E. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang koperasi. Kemudian guru memberi informasi awal mengenai sisa hasil usaha dalam koperasi.

b. Motivasi

Siswa memahami pembagian sisa hasil usaha.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).

b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian, penghitungan, dan pembagian sisa hasil usaha.

c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung pembagian sisa hasil usaha.

d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok     yang lain menanggapi.

e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan siswa melakukan refleksi

b. Penilaian

1. Penilaian Proses ( Pengamatan Kegiatan Diskusi)

No Aspek Penilaian Skore maksimal 9
1 Kesesuaian bahan diskusi dengan KD 2
2 Kemampuan menjawab pertanyaan anggota kelompok lain 2
3 Sikap penyaji selama berdiskusi 2
4 Laporan hasil diskusi 3

2. Penilaian Hasil

contoh soal

1. Soal pilihan ganda

Berikut ini yang tidak termasuk dalam unsure SHU adalah…..

a. dana cadangan          b. dana pensiun c. dana sosial    d. jasa modal    e.jasa penjualan

2. Soal Essay

Jelaskan apa yang dimaksud SHU!

Kunci Jawabaan dan penskoran

No 1. b

No 2 SHU (Sisa Hasil Usaha ) adalah pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu periode setelah dikurangi beban-beban.

Penskoran : Pilihan ganda diberi skore 100, Essay diberikan skore dengan rentang 10-50

G.Kegiatan Non Tatap Muka

a. Tugas Mandiri terstruktur

  • Siswa mengerjakan kegiatan di LKS
  • Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi secara kelompok disertai daftar pertanyaan dari anggota kelompok lain.

b. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

G. Sumber dan Alat

Buku teks dan spidol

Cipari,      Juli 2009

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Cipari                           Guru Mata Pelajaran  Ekonomi

Sri Haryoto, S.Pd. UJANG UTOMO, S.Pd

NIP 19601007 198501 1 002                                     NIP. 19761024 200701 1 004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                        : SMA Negeri 1 Cipari

Mata Pelajaran            : Ekonomi

Kelas / Semester            : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan

Kompetensi Dasar : 4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan

Indikator :

  1. Menjelaskan pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional.
  2. Mengidentifikasi sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan.
  3. Meneliti penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.
  4. Memanfaatkan sumber daya ekonomi di lingkungan sekitar.
  5. Menerapkan sikap dan jiwa wirausaha dalam diri.

Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

a)      Siswa dapat menjelaskan pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional.

b)      Siswa dapat mengidentifikasi sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan.

c)      Siswa dapat meneliti penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.

d)      Siswa dapat memanfaatkan sumber daya ekonomi di lingkungan sekitar.

e)      Siswa dapat menerapkan sikap dan jiwa wirausaha dalam diri.

B. Materi Pokok

Kewirausahaan

C. Uraian Materi

a)      Wirausaha dan wirausahawan

b)       Bidang usaha kegiatan wirausaha

c)       Penelitian kegiatan wirausaha

d)       Perencanaan bisnis wirausaha

e)       Ciri-ciri wirausahawan sukses

f)         Syarat menjadi wirausahawan

D. Pendekatan

Kontekstual

E. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Apersepsi

Guru mengembangkan pengetahuan siswa mengenai kewirausahaan. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai kegiatan wirausaha serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha.

b. Motivasi

Menanamkan jiwa wirausaha dalam diri siswa.

2. Kegiatan Inti

Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional, sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan, dan penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.

3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan siswa melakukan refleksi

b. Penilaian

1. Penilaian Proses

No Aspek Penilaian Skore maksimal 8
1 Materi ringkasaan 4
2 Kerapian tulisan 2
3 Target penyelesaian 2

2. Penilaian Hasil

contoh soal

1. Soal pilihan ganda

Berikut ini bukan ciri kepribadian seorang wirausaha, yaitu….

a. berani menanggung resiko     b. suka bekerja keras   c. daya kreativitas tinggi

d. cepat dalam mengambil keputusan e.mampu memimpin orang lain

2. Soal Essay

Jelaskan pengertian wirausaha menurut Skinner!

Kunci Jawabaan dan penskoran

No 1. e

No 2. Wirausaha adalah seseorang yang mengambil resiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis dan menerima imbalan atau balas jasa berupa profit financial dan non financial.

Penskoran : Pilihan ganda diberi skore 1, Essay diberikan skore dengan rentang 1-5

G. Sumber dan Alat

Buku teks, OHP, dan spidol

G.Kegiatan Non Tatap Muka

a. Tugas Mandiri terstruktur

  • Siswa mengerjakan tugas LKS
  • Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi secara kelompok disertai daftar pertanyaan dari anggota kelompok lain.

b. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

  • .Siswa mengadakan penelitian sederhana terhadap salah satu usaha kecil . (wiraswatawan)

Cipari,       Juli 2009

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Cipari                            Guru Mata Pelajaran  Ekonomi

Sri Haryoto, S.Pd. UJANG UTOMO, S.Pd

NIP 19601007 198501 1 002                                     NIP. 19761024 200701 1 004


DAFTAR

L A M P I R A N

  • KISI-KISI SOAL
  • Soal ulangan harian
  • Kunci jawaban
  • Penskoran
  • Lembar Kegiatan Siswa

KUNCI JAWABAN

A. Jawaban Pilihan Ganda

1 B 6 A
2 E 7 C
3 B 8 D
4 A 9 A
5 B 10 E

B. Jawaban soal uraian

  1. Manajemen menurut G Terry adalah usaha-usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain
  2. Perbedaan manajemen tertutup, Manajemen Demokratis dan Manajemen Diktator:
  3. Prinsip manajemen menurut Henry Fayol
  • Semangat Korps  : manajemen harus menjaga agar kelompok tetap bersama
  • Hierarki : peringkat pangkat, mulai dari yang tinggi sampai yang paling rendah
  • Sentralisasi : manajer langsung memberi perintah pada bawahan
  • Keadilan : manajer harus bersikap adil dan baik kepada karyawannya
  1. Fungsi manajemen menurut G. Terry  : Planning, Organizing, Actuating , Controlling
  2. Manfaat perencanaan :
  • Membuat kegiatan teratur/terarah
  • Meminimalkan kesalahan
  • Memberikan gambaran secara keseluruhan sehingga memudahkan pengawasan
  • Menentukan strategi kerja yang akan dilakukan
  • Memaksimalkan fasilitas yan ada

SKOR NILAI

Pilihan ganda 10 X 10 = 100

Uraian                        =   300

100 + 300 = 400 : 4 = 100

Lembar Kerja Siswa

Nama:……

Kelas:…..

Kompentensi Dasar 1: Menjelaskan Unsur-unsur manajemen

  1. 1. Berikan Penjelasan yang berhubungan dengan manajemen berikut ini:
No Permasalahan Penjelasan
1 Planning
2 Forecasing
3 Organizing
4 Staffing
5 Actuating
6 Directing
7 Coordinating
8 Controlling
  1. 2. Lengkapi Tabel Berikut ini!
No Sebutkan unsur-unsur manajemen Penjelasan
1
2
3
4
5
  1. 3. Lengkapi Tabel Berikut ini!
No permasalahan penjelasan contoh
1 Top management
2 Middle management
3 Lower management
  1. 4. Berikan Penjelasan mengenai membuat perencanaan yang baik!
No Permasalahan 5W + 1H Penjelasan
1 W
2 W
3 W
4 W
5 W
6 H

Lembar Kerja Siswa

Nama:……

Kelas:…..

Kompentensi Dasar 1: mendiskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia

  1. Lengkapi Tabel Berikut ini!
No Jenis BUMN Kebaikan Kelemahan
1 Persero
2 Perum

2 Lengkapi Tabel Berikut ini: berikan tanda v

No Jenis Badan Usaha Persero Perum Perusda BUMS
1 BPR Bank Pasar
2 Perumnas
3 PT. Garuda Food
4 Bank Jateng
5 Peruri
6 BRI
7 PT Holcim
8 PDAM

Lembar Kerja Siswa

Nama:……

Kelas:…..

Kompentensi Dasar 1: Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha

  1. 1. lengkapi tabel berikut ini:
No Permasalahan Penjelasan
1 Perusahaan perseorangan
2 Persekutuan firma
3 Persekutuan komanditer
4 Perseroan terbatas

  1. 2. lengkapi tabel berikut ini:

No Permasalahan kebaikan keburukan
1 Perusahaan perseorangan
2 Persekutuan komanditer
3 Perseroan terbatas

  1. 3. tunjukkan perbedaan:

No PT Terbuka PT Tertutup PT kosong
1
2
3

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: