RPP EKONOMI XII “UNSUR MANAJEMEN” model GROUP INVESTIGATION

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah            : SMA Negeri 1 Cipari

Mata Pelajaran          : Ekonomi

Kelas / Semester       : XII (dua belas) / 1

Waktu                           : 1 x 30 menit

Standar Kompetensi

3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional

Kompetensi Dasar

3.1.Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha

Indikator

  1. Mendeskripsikan pengertian manajemen
  2. Mengidentifikasikan unsur-unsur manajemen

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu mendeskripsikan pengertian manajemen
  1. Siswa mampu mengidentifikasikan unsur-unsur manajemen

  1. A. Materi Pembelajaran
    1. Pengertian Manajemen
    2. Unsur-unsur manajemen yaitu terdiri dari:
      1. MAN
      2. MONEY
      3. MATERIALS
      4. MACHINES
      5. METHODS
      6. MARKETS

  1. B. Pendekatan

Kontekstual

  1. C. Metode Pembelajaran

Cooperatif learning model “Group Investigation”

  1. D. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

  • Guru memberi salam
  • Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Guru melakukan apersepsi mengenai konsep manajemen secara umum yang berhubungan dengan kegiatan di masyarakat
  • Guru memotivasi siswa tentang pentingnya konsep pembelajaran kontekstual dengan maksud menggali kemampuan siswa secara mandiri
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

  • Guru mengkondisikan siswa untuk melakukan diskusi dengan membagi siswa menjadi 3 kelompok
  • Guru menjelaskan konsep diskusi yang akan dilaksanakan
  • Guru membagi tiap kelompok satu tugas materi untuk didiskusikan dengan kelompoknya. Materi tugas adalah sebagai berikut:

Kelompok I      : Mendeskripsikan pengertian manajemen dan pengertian unsur manajemen MAN dan MONEY

Kelompok II    : Mendeskripsikan pengertian manajemen MATERIALS dan  MACHINES

Kelompok III   : Mendeskripsikan pengertian manajemen METHODS dan  MARKETS

  • Masing-masing kelompok berdiskusi untuk mendeskripsikan materi secara kooperatif dengan inquiry (menemukan)
  • Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan diskusinya, setiap kelompok diminta untuk melakukan presentasi hasil diskusi dan kelompok lainnya menyimak dan memperhatikan hasil diskusi kelompok tersebut.
  • Setelah semua kelompok menyelesaikan presentasinya, guru memberikan simpulan dan penjelasan secara singkat.
  • Guru melakukan evaluasi dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi yang telah disimpulkan tersebut.

3. Kegiatan Akhir

  • Guru memberi tugas tidak berstruktur untuk siswa
  • Guru menutup pelajaran dengan mengucap hamdalah
  • Guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucapkan salam

G. Penilaian

  • Jenis Tagihan                : Tugas tidak berstruktur
  • Lama tugas                   : Dikumpulkan 1 minggu yang akan datang
  • Instrumen soal tugas      :

1.   Menganalisis konsep manajemen yang ada di tingkat desa dan mengidentifikasi prinsip-prinsip manajemen di desa tempat tinggal siswa?

2.   Mengidentifikasi personalia (struktur organisasi desa)?

3.   Menuliskan laporan tugas tersebut ke dalam buku latihan dan dikumpulkan minggu depan.

  • Pedoman Penskoran

1. Analisis konsep manajemen desa                   : Nilai maksimal 90

2. Mengidentifikasikan personalia desa            : Nilai maksimal 75

3. Laporan                                                                  : Nilai maksimal 75

Nilai maksimal dari tugas adalah 80

H. Sumber dan Media Pembelajaran

1. Sunarto, Ekonomi 3, Tiga Serangkai, 2007

2. LKS Ekonomi kelas XII MGMP ekonomi Kab. Cilacap 2009

I. Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan adalah gambar bagan prinsip manajemen.

%d bloggers like this: