RPP EKONOMI X “KEBUTUHAN” METODE JIGSAW

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                           : SMA NEGERI I CIPARI

Mata Pelajaran          : Ekonomi

Kelas / Semester        : X (sepuluh) / 1

Alokasi Waktu           : 1 X 30 menit

Standar Kompetensi :

1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

Indikator :

  1. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan intensitas dan subyeknya.
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis kebutuhan berdasarkan intensitas dan subyeknya..

A. Tujuan Pembelajaran

a)      Siswa mampu mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan intensitas dan subyeknya

b)      Siswa mampu mendefinisikan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan intensitas dan subyeknya

B. Materi Pokok

Jenis-jenis kebutuhan berdasarkan intensitas dan subyeknya.

C. Uraian Materi

a)      Jenis-jenis kebutuhan

  1. Berdasarkan intensitas (tingkat kepentingannya)
    1. Kebutuhan primer
    2. Kebutuhan sekunder
    3. Kebutuhan tersier
  2. Berdasarkan subyek
    1. Individu
    2. Kelompok

D. Pendekatan

Kontekstual

E. Metode Pembelajaran

Cooperatif learning model Jigsaw

F. Skenario Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu / Menit
  1. A. Kegiatan Awal

Kegiatan guru  :

  • Guru memberi salam
  • Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  • Guru melakukan apersepsi mengenai deskripsi pengertian kebutuhan dengan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan intensitas dan subyek.
  • Guru memotivasi siswa tentang pentingnya konsep pembelajaran kontekstual dengan maksud menggali kemampuan siswa secara mandiri

.

5
B.    Kegiatan Inti

 

  • Guru menjelaskan materi jenis-jenis kebutuhan secara singkat.
  • Guru mengelompokkan siswa menjadi 3 kelompok dengan jumlah siswa  masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang (Kelompok A – C)
  • Tiap siswa dalam kelompok ditentukan urutan anggotanya (1 – 3).
  • Tiap anggota kelompok mendapatkan kertas berisi gambar barang sesuai dengan nomor anggotanya.
  • Gambar yang diberikan kepada siswa berupa gambar;

– Gambar pakaian, rumah dan makanan untuk anggota kelompok no 1

– Gambar Handphone, Sepeda Motor, Laptop, TV dan Mobil untuk anggota kelompok no 2

– Gambar masjid dan kacamata untuk anggota kelompok no 3

  • Setiap anggota kelompok yang telah mendapatkan gambar tersebut kemudian menganalisis gambar tersebut untuk mengetahui termasuk jenis kebutuhan menurut apa dan dapat mendeskripsikan jenis kebutuhan tersebut?
  • Anggota dari kelompok yang berbeda yang telah manganalisa gambar yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan analisa mereka
  • Setelah selesai diskusi sebagai kelompok ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan secara bergantian mengajar (mentransfer hasil diskusi dalam kelompok ahli) terhadap teman satu tim mereka tentang kesimpulan gambar yang mereka dan anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
  • Salah satu anggota kelompok ahli mempresentasikan hasil diskusi.
  • Guru memberi evaluasi hasil presentasi dan memberikan penekanan pada jenis kebutuhan tertentu.
  • Guru menghubungkan jenis-jenis kebutuhan ini dengan sifat keserakahan manusia
20
C.    Kegiatan Penutup :

 

  • Guru memberikan evaluasi terhadap kelompok yang terbaik
  • Guru menyampaikan simpulan akhir
  • Guru memberi tugas tidak berstruktur untuk siswa
  • Guru menutup pelajaran
  • Guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucapkan salam
5

G. Penilaian

  • Jenis Tagihan                : Tugas tidak berstruktur
  • Lama tugas                   : Dikumpulkan 1 minggu yang akan datang
  • Instrumen soal tugas      :

1. Identifikasikan kebutuhan anda selama satu minggu?

2. Klasifikasikan pada jenis kebutuhan berdasarkan intensitas dan subyeknya?

3. Tuliskan laporan tugas ini dalam buku tugas dan kumpulkan minggu depan?

  • Pedoman Penskoran

1. Identifikasi kebutuhan           : Nilai maksimal 80

2. Klasifikasi kebutuhan            : Nilai maksimal 70

3. Laporan                                      : Nilai maksimal 75

Nilai maksimal dari 3 tugas adalah 80

H. Sumber dan Media Pembelajaran

1. Pribadi Setiyanto, Ekonomi, Intan Pariwara, 2007

2. LKS Ekonomi kelas X MGMP ekonomi Kab. Cilacap

I. Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dan gambar jenis-jenis kebutuhan.

Mengetahui                                                                   Cipari,  31 Oktober 2009

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: