SERTIFIKASI dan TUHAN BARU para GURU. Refleksi peserta Diklat PLPG tahap 4 di UMP Pwt.

Alhamdulillah….

Hanya kata itu yang terucap di bibir nan kering ini. Perjalanan kehidupan beranjak dari waktu-ke waktu tanpa kita sadari. Semakin tenggelam dalam dunia, semakin mudah melupakan tujuan akhir kehidupan. Sertifikasi…kata ini merupakan dambaan setiap guru di negeri ini, karena dengannya tergambar kehidupan (baca: duniawi) lebih menjanjikan dan lebih menyenangkan. Siapa orang yang tak menyukainya (baca: uang), maka segala cara ditempuh, bahkan halal dan haram bukan lagi patokan.

Beberapa kisah terdengar memilukan. Beberapa peserta sertifikasi mengirimkan portofolionya dengan menyelipkan beberapa uang ratusan ribu rupiah di sela-sela dokumen portofolio..kalaupun benar, semoga mereka mendapat hidayah dari Allah untuk kembali ke jalan-Nya. Tapi harapan penulis, semopga itu hanya isapan jempol belaka. Wahai guru..jangan jadikan sertifikasi sebagai Tuhan baru di negeri ini. Jadikan sertifikasi sebagai kawah penggodogan untuk menjadikan lahan dakwah pendidikan menjadi lebih mulia di hadapan-Nya. Jadikan Allah sebagai tujuan, maka sertifikasi akan menyusulmu dan keberkahan dari-Nya akan kau dapatkan.

Selama proses PLPG berlangsung (penulis merupakan angkatan ke 4 tahun 2009), banyak pelajaran yang dapat dipetik dari prosesnya, interaksinya, bahkan dari pelaksanaan peer teaching. Banyak ilmu yang kita rasakan bertambah, pengalaman baru melihat kemempuan teman sejawat, pengetahuan baru tentang metode dan model pembelajaran dan lain sebagainya. Pembelajar yang sejati adalah yang selalu tidak pernah merasa puas dengan kemampuan yang telah dimiliki…maju terus pantang mundur.

Akhirnya..sertifikasi adalah proses yang sudah semestinya terus berjalan..jalani dan laksanakan dengan penuh tanggungjawab, kelulusan merupakan hasil dari kemampuan kita sesungguhnya..semoga Allah meridhai kita semua…aamiiin

Mohon doa dan keikhlasannya

Ujang Utomo, S.Pd., SMAN 1 Cipari.

One Response

  1. Wewww,.. setuju apa yang di sampaikan oleh pak guru ekonomi ini??Di SMAN 1 Cipari kah??Kenal pa Salmizan donk pa??ane alumni sman 1 Cipari angkatan 2002,..hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: