RPP EKONOMI SMA KELAS X “PENDAPATAN NASIONAL” model GROUP INVESTIGATION

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

==================================================================

Sekolah                       : SMA NEGERI I CIPARI

Mata Pelajaran          : Ekonomi

Kelas / Semester        : X (sepuluh) / 1

Alokasi Waktu           : 1 X 30 menit

==================================================================

Standar Kompetensi :

5.   Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar :

5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.

Indikator :

  1. 1. Mendeskripsikan pengertian Pendapatan Nasional (National Income)
  2. 2. Mengidentifikasi perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan (income approach)
  3. 3. Mengidentifikasi perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran (expenditure approach)

===================================================================

A. Tujuan Pembelajaran

  1. 1. Siswa mampu mendeskripsikan pendapatan nasional.
  2. 2. Siswa dapat mengidentifikasi rumus pendapatan nasional pendekatan pendapatan
  3. 3. Siswa dapat mengidentifikasi rumus pendapatan nasional pendekatan pengeluaran
  4. 4. Siswa mengetahui cara menentukan perhitungan pendapatan nasional pendekatan pendapatan dari soal yang telah disiapkan
  5. 5. Siswa mengethui cara menentukan perhitungan pendapatan nasional pendekatan pengeluaran dari soal yang telah disiapkan

B. Materi Pokok

  1. Pengertian pendapatan nasional.
  2. Rumus pendapatan nasional menggunakan pendekatan pendapatan
  3. Rumus pendapatan nasional menggunakan pendekatan pengeluaran
  4. Cara menghitung pendapatan nasional pendekatan pendapatan
  5. Cara menghitung pendapatan nasional pendekatan pengeluaran

C. Uraian Materi

Definisi Pendapatan Nasional

  • Nilai seluruh produk (barang sana jasa) yang diterima oleh suatu negara selama periode tertentu.
  • Jumlah pendapatan sebagai kontraprestasi yang diterima oleh pemilik faktor produksi dalam suatu negara selama periode tertentu.
  • Jumlah pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara selama periode tertentu.

Perhitungan Pendapatan Nasional:

1. Pendekatan Pendapatan;

Perhitungan Pendapatan Nasional dengan menghitung seluruh jumlah pendapatan sebagai kontraprestasi yang diterima oleh pemilik faktor produksi dalam suatu negara selama periode tertentu. Yaitu dengan menjumlahkan nilai Upah + sewa + bunga + laba atau dapat ditunjukkan degan metrik  Y = w + r + i + π.

2. Pendekatan Pengeluaran;

Perhitungan Pendapatan Nasional dengan menghitung seluruh jumlah pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara selama periode tertentu. Yaitu dengan menjumlahkan nilai pengeluaran konsumsi rumah tangga (Consumption) + pengeluaran konsomsi yang dilakukan pemerintan Government Expenditure) + pembentukan modal (Investment) + ( nilai Eksport – Import) atau dapat ditunjukkan degan metrik  Y = C + G + I + (X – M).

3. Pendekatan Produksi

D. Pendekatan

Kontekstual

E. Pendekatan Pembelajaran

Cooperatif learning model “Group Investigation’

F. Skenario Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu / Menit

 

  1. A. Kegiatan Awal

Kegiatan guru  :

  • Guru memberi salam
  • Guru memeriksa kehadiran siswa
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  • Guru melakukan apersepsi mengenai deskripsi pengertian pendapatan nasional dihubungkan dengan keadaan nyata yaitu pendapatan siswa (uang saku) digunakan untuk kegiatan apa
  • Guru memberikan memotivasi siswa tentang pentingnya konsep pembelajaran kontekstual dengan menggali kemampuan siswa secara mandiri (inquiry)

.

5

 

B.    Kegiatan Inti

  • Guru menghubungkan materi pembelajaran dengan aktifitas masyarakat secara umum
  • Guru mengelompokkan siswa menjadi 4 kelompok dengan jumlah siswa  masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang (Kelompok A – C)
  • Guru mengkondisikan siswa untuk melakukan diskusi dengan konsep “Group Investigasi” (mencari sendiri materi yang diminta/inquiry)
  • Guru membagi tiap kelompok satu tugas materi untuk didiskusikan dengan kelompoknya. Materi tugas adalah sebagai berikut:

Kelompok I      :   Mendeskripsikan pengertian pendapatan nasional

Kelompok II    : Mengidentifikasikan perhitungan pendapatan nasional pendekatan pendapatan

Kelompok III   : Mengidentifikasikan perhitungan pendapatan nasional pendekatan pengeluaran

  • Masing-masing kelompok berdiskusi untuk mendeskripsikan materi
  • Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan diskusinya, setiap kelompok diminta untuk melakukan presentasi hasil diskusi dan kelompok lainnya menyimak dan memperhatikan hasil diskusi kelompok tersebut.
  • Setelah presentasi selesai, guru kembali membagi kartu soal kepada seluruh siswa sebagai alat evaluasi hasil diskusi.
  • Kartu soal berupa huruf-huruf yang merupakan singkatan dari konsep perhitungan pendapatan nasional pendekatan pendapatan dan pengeluaran.
  • Setelah semua kartu soal terbagi, siswa diminta untuk maju menempelkan kartu yang mereka terima pada media pembelajaran yang disiapkan guru
  • Setelah kartu tertempel maka rumus pendapatan nasional pendekatan pendapatan dan pendekatan pengeluaran dapat diketahui siswa
  • Guru memberi contoh cara menyelesaikan perhitungan pendapatan nasional pendekatan pendapatan dan pendekatan pengeluaran.
  • Setelah memberi contoh, guru memberikan soal yang harus dikerjakan siswa di papan tulis
  • Setelah selesai memberikan contoh, siswa diminta memberikan simpulan atas materi yang telah sampaikan
22

 

C.    Kegiatan Penutup :

  • Guru memberikan evaluasi terhadap kelompok yang terbaik
  • Guru memberi tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah 2 soal perhitungan pendapatan nasional pendekatan pendapatan dan pendekatan pengeluaran
  • Guru menutup pelajaran
  • Guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucapkan salam
3

G. Penilaian

  • Jenis Tagihan                : Tugas tidak berstruktur
  • Instrumen soal tugas      :
  1. 1. Diketahui:

Pendapatan yang diperoleh masyarakat dalam suatu perekonomian sebagai berikut:

  • Upah dan gaji                           Rp 15.000.000,-
  • Sewa tanah                               Rp   9.250.000,-
  • Konsumsi                                 Rp 18.000.000,-
  • Pengeluaran pemerintah            Rp 14.000.000,-
  • Bunga Modal                            Rp   3.500.000,-
  • Keuntungan                              Rp 12.000.000,-
  • Investasi                                   Rp   4.500.000,-
  • Ekspor                                     Rp 12.500.000,-
  • Impor                                       Rp   7.250.000,-

Tentukan pendapatan nasional pendekatan pendapatan dan pendekatan pengeluaran

  1. 2. Kunci Jawaban

Pendekatan Pendapatan

NI = R + W  + I + P

= 9.250.000 + 15.000.000 + 3.500.000 + 12.000.000

= 39.750.000,-

Pendekatan Pengeluaran

NI  = C + G + I + (X – M)

= 18.000.000 + 14.000.000 + 4.500.000 + (12.500.000 – 7.250.000)

=   39.750.000,-

  1. 3. Skor Penilaian

Setiap jawaban benar bernilai 40, sehingga total nilai apabila benar semua maksimal sebesar 80.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

1. Pribadi Setiyanto, Ekonomi, Intan Pariwara, 2007

2. LKS Ekonomi kelas X MGMP ekonomi Kab. Cilacap

I. Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dan kartu huruf

Mengetahui                                                                   Cipari,  3 Oktober 2009

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: